Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani adalah seorang âlim allâmah (berilmu dan sangat luas keilmuannya). Beliau adalah pendiri Hizbut Tahrir. Nama lengkapnya adalah Syaikh Taqiyuddin bin Ibrahim bin Mushthafa bin Ismail bin Yusuf an-Nabhani. Nasab beliau bernisbat kepada kabilah Bani Nabhan, salah satu kabilah Arab Baduwi di Palestina yang mendiami kampung Ijzim, distrik Shafad, termasuk wilayah kota Hayfa di Utara Palestina.
Syaikh
lahir di kampung Ijzim. Menurut pendapat yang paling kuat, beliau lahir pada
tahun 1332 H – 1914 M. Beliau dilahirkan di gudang ilmu dan keagamaan yang
terkenal dengan kewaraan dan ketakwaannya. Ayah beliau adalah Syaikh Ibrahim,
seorang syaikh yang faqih dan bekerja sebagai guru ilmu-ilmu syariah di
kementerian Pendidikan Palestina. Ibunda beliau juga memiliki pengetahuan yang
luas tentang masalah-masalah syariah yang diperoleh dari ayahandanya, yaitu Syaikh
Yusuf.
Syaikh
Yusuf, seperti yang dimuat di dalam buku At-Tarâjum adalah: Yusuf bin
Ismail bin Yusuf bin Hasan bin Muhammad an-Nabhani asy-Syafi‘i, Abu al-Mahasin,
seorang sastrawan, penyair dan sufi. Beliau termasuk qadhi senior. Beliau
memangku jabatan sebagai qâdhî
di Qishbah Jenin, termasuk provinsi Nablus. Beliau berpindah ke Konstantinopel.
Lalu beliau diangkat menjadi qâdhî
di Kiwi Sanjaq, termasuk provinsi Moushul. Berikutnya beliau menjabat sebagai
kepala Mahkamah al-Jaza’ di Ladzaqiyah, kemudian di al-Quds. Lalu beliau
menjabat kepala Mahkamah al-Huquq di Beirut. Beliau memiliki banyak karya yang
jumlahnya mencapai 48 buah karya (buku).
Lingkungan
tumbuh itu memberikan pengaruh besar kepada pembentukan kepribadian islami
Syaikh Taqiyuddin. Beliau telah menghapalkan al-Qur’an seluruhnya pada usia
belia sebelum genap berusia 13 tahun. Syaikh Taqiyuddin dipengaruhi oleh
ketakwaan dan kesadaran kakek beliau dari pihak ibu dan mengambil banyak
manfaat dari keilmuan sang kakek yang luas. Syaikh Taqiyuddin juga mendapatkan
kesadaran politik pada usia yang sangat muda, khususnya dalam masalah-masalah
politik penting. Sebab, kakek beliau memiliki penguasaan atas masalah-masalah
politik karena hubungan dekatnya dengan para pejabat pemerintahan di Daulah
Ustmaniyah. Syaikh Taqiyuddin juga mendapat faedah dari menghadiri
majelis-majelis dan diskusi-diskusi fiqhiyyah
yang diselenggarakan oleh kakek beliau, Syaikh Yusuf. Kecerdasan dan kejeniusan
Taqiyuddin selama keikutsertaan beliau di majelis-majelis ilmu itu telah
menarik perhatian sang kakek. Kakek beliau sangat manaruh perhatian terhadap
hal itu. Sang kakek akhirnya meyakinkan ayahanda beliau akan pentingnya
mengirim beliau untuk belajar di al-Azhar guna melanjutkan pendidikan syar‘i.
Keilmuan dan Pendidikan Beliau
Syaikh
Taqiyuddin bergabung dengan Tsanawiyah al-Azhariyah pada tahun 1928. Beliau
lulus pada tahun itu juga dengan peringkat excelent
dan mendapat ijazah al-Ghuraba. Sesudah itu beliau melanjutkan ke Kuliyah Dar
al-Ulum yang merupakan cabang al-Azhar. Pada saat yang sama beliau juga
mengikuti halqah-halqah ilmiah di al-Azhar asy-Syarif, yaitu mengikuti halqah
para syaikh yang ditunjukkan oleh kakek beliau, seperti Syaikh Muhammad
al-Hadhari Husain rahimahullâh.
Hal itu bisa beliau lakukan karena sistem pendidikan al-Azhar dulu membolehkan
yang demikian. Meski Syaikh Taqiyuddin secara bersamaan menempuh pendidikan di
al-Azhar dan di Darul Ulum, beliau tampak menonjol dan istimewa dalam
keseriusan dan kesungguhan beliau. Hal itu menarik perhatian para sejawat dan
pengajar beliau ketika mereka mengetahui kedalaman pemikiran, keunggulan
pendapat dan kekuatan argumentasi beliau dalam berbagai diskusi dan dalam forum
pemikiran yang memenuhi ma‘had-ma‘had keilmuan pada waktu itu di Kairo dan di
negeri-negeri kaum Muslim lainnya.
Ijazah
yang beliau peroleh adalah ijazah Tsanawiyah al-Azhariyah, ijazah al-Ghuraba’
dari al-Azhar, Diploma dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab dari Universitas
Darul Ulum di Kairo. Beliau juga mendapatkan ijazah dari Sekolah Tinggi
Peradilan Syariah yang menjadi cabang dari al-Azhar, yaitu ijazah dalam masalah
Peradilan. Kemudian beliau keluar dari al-Azhar pada tahun 1932 dan meraih
ijazah al-Alamiyah—sekarang setingkat doktor—dalam masalah syariah.
Bidang-Bidang Aktivitas Beliau
Syaikh
Taqiyuddin bekerja dalam bidang pengajaran syariah di kementerian pendidikan
hingga tahun 1938. Pada tahun itu beliau beralih untuk beraktivitas di bidang
peradilan syariah. Secara gradual beliau meniti karir di bidang peradilan
syariah itu. Beliau memulainya dengan menjabat kepala sekretaris Mahkamah Haifa
Pusat. Kemudian beliau naik jabatan menjabat asisten qadhi, kemudian menjabat
qadhi Mahkamah Ramalah hingga tahun 1948. Pada tahun itu beliau keluar ke Syam
akibat jatuhnya Palestina ke tangan Yahudi. Pada tahun itu juga beliau kembali
untuk menjabat qadhi Mahkamah Syariah al-Quds. Setelah itu, beliau diangkat menjadi
qadhi di Mahkamah Banding Syariah (Mahkamah
al-Isti’nâf asy-Syar’iyah) hingga tahun 1950. Kemudian beliau
mengundurkan diri dan beralih untuk memberikan ceramah kepada para mahasiswa
tingkat dua di Fakultas Ilmu Islam (Al-Kuliyah
al-’Ilmiyah al-Islâmiyah) di Amman hingga tahun 1952. Beliau—rahimahullâh—bagaikan
samudera ilmu. Beliau adalah seorang yang sangat luas pengetahuan-nya dalam
berbagai bidang keilmuan. Beliau adalah mujtahid mutlaq sekaligus seorang
pembicara yang memiliki argumentasi yang kuat.
Karya-Karya Beliau
1.
Nizhâm al-Islâm (Peraturan Hidup Islam).
2.
At-Takattul al-Hizbiy (Pembentukan Partai
Politik).
3.
Mafâhîm Hizb at-Tahrîr (Konsepsi-Konsepsi
Hizbut Tahrir).
4.
Nizhâm al-Iqtishâd fî al-Islâm (Sistem Ekonomi
Islam).
5.
Nizhâm al-Ijtimâ‘i fî al-Islâm (Sistem Pergaulan
Islam).
6.
Nizhâm al-Hukmi fî al-Islâm (Sistem Pemerintahan
Islam).
7.
Ad-Dustûr (Konstitusi).
8.
Muqaddimah ad-Dustûr (Pengantar
Konstitusi).
9.
Ad-Dawlah al-Islâmiyah (Negara Islam).
10.
Asy-Syakhshiyah al-Islâmiyah (Kepribadian/Jati
Diri Islam) tiga juz.
11.
Mafâhîm Siyâsiyah li Hizb at-Tahrîr
(Konsepsi-Konsepsi Politik Hizbut Tahrir).
12.
Nazharât Siyâsiyah (Pandangan-Pandangan Politik).
13.
Nidâ’ Hâr (Seruan Hangat).
14.
Al-Khilâfah (Khilafah).
15.
At-Tafkîr (Hakikat Berpikir).
16.
Sur‘ah al-Badîhah (Kecepatan Berpikir).
17.
Nuqthah al-Inthilâq (Titik Tolak).
18.
Dukhûl al-Mujtama’ (Terjun ke Masyarakat).
19.
Tasalluh Mishra (Peningkatan Kekuatan Senjata
Mesir).
20.
Al-Ittifâqiyât ats-Tsinâ’iyah al-Mishriyah as-Sûriyah wa al-Yamaniyah
(Kesepakatan-kesepakatan Bilateral Mesir-Suriah dan Mesir-Yaman).
21.
Hall Qadhiyah Filisthîn ’alâ ath-Tharîqah al-Amirikiyah wa al-Inkilîziyah
(Solusi Masalah Palestina ‘ala Amerika dan Inggris).
22.
Nazhariyah al-Firâgh as-Siyâsî Hawla Masyrû‘ Ayzinhâwir
(Pandangan Kevakuman Politis Seputar Proyek Izenhouwer).
Di
samping itu, beliau menulis ribuan leaflet pemikiran, politik dan ekonomi.
Beliau juga mengeluarkan sejumlah buku menggunakan nama anggota Hizbut Tahrir
untuk memudahkan distribusinya. Hal itu setelah adanya undang-undang yang
melarang pendistribusian buku-buku beliau. Di antara buku itu adalah:
1.
As-Siyâsah al-Iqtishâdiyah al-Mutslâ (Politik
Ekonomi Yang Agung).
2.
Naqdh al-Isytirâkiyah al-Maraksiyah (Kritik atas
Sosialisme-Marxis).
3.
Kayfa Hudimat al-Khilâfah (Bagaimana Khilafah
Dihancurkan).
4.
Ahkâm al-Bayyinât (Hukum-hukum
Pembuktian).
5.
Nizhâm al-‘Uqûbât (Sistem Sanksi dan Pidana).
6.
Ahkâm ash-Shalâh (Hukum-hukum
Shalat).
7.
Al-Fikr al-Islâmiy (Pemikiran-Pemikiran Islam).
Sebelum mendirikan Hizbut Tahrir, beliau telah mengeluarkan buku Inqâdz
Filizthîn (Membebaskan Palestina) dan Risâlah al-‘Arab
(Misi Arab).
Sifat-Sifat dan Akhlak Beliau
Ustadz
Zuhair Kahalah, yang bekerja sebagai direktur administratif Fakultas Ilmu-ilmu Islam
(Al-Kuliyah
al-‘Ilmiyah al-Islâmiyah) yang senantiasa menyertai Syaikh
Taqiyuddin sejak beliau menginjakkan kaki di Fakultas, pernah berkata, “Syaikh
Taqiyuddin adalah seorang yang adil dan lurus, mulia dan bersih. Beliau adalah
seorang yang mukhlis, memiliki energi yang eksplosif. Beliau sangat marah dan
sekaligus sedih terhadap apa yang menimpa umat akibat ditanamkannya institusi
Yahudi di jantung umat.”
Beliau
memiliki perawakan sedang, berbadan tegap, penuh semangat, tidak temperamental,
ahli dalam berdebat, memiliki argumentasi yang kuat, dan berpegang teguh dengan
apa yang beliau yakini adalah haq. Beliau mempunyai jenggot yang sedang dan
sebagiannya sudah memutih. Beliau memiliki kepribadian yang kuat, sangat
berpengaruh (berwibawa) saat berbicara, dan meyakinkan saat memaparkan
argumentasi. Beliau tidak menyukai disia-siakannya tenaga, kembali atas dasar
materi, dan isolasi dari kemaslahatan umat. Beliau juga tidak suka seseorang
lebih tersibukkan oleh perkara-perkara kehidupan pribadinya. Beliau berjuang
demi kebaikan umat sebagai implementasi terhadap sabda Rasul Saw:
«مَنْ لَمْ يَهْتَمْ بِأَمْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فَلَيْسَ مِنْهُمْ»
Siapa
saja yang tidak memperhatikan urusan kaum Muslim maka ia bukan bagian dari kaum
Muslim.
Beliau termasuk orang yang banyak mengulang-ulang dan menukil
sabda Rasul saw itu. Beliau juga berbela sungkawa terhadap (menyayangkan sikap)
Imam al-Ghazali penulis buku Al-Ihyâ’ ‘Ulûm
ad-Dîn, yang membiarkan saja kaum salibis menyerang
negeri-negeri Islam, sementara ia mencukupkan diri berdiam di masjid mengarang
buku-bukunya.
Pendirian Hizbut Tahrir dan Perjalanan Beliau di Dalamnya
Syaikh
Taqiyuddin mulai mengkaji secara mendalam dan menaruh perhatian besar pada
partai-partai, gerakan-gerakan dan organisasi-organisasi yang tumbuh sejak abad
keempat hijriah. Beliau mengkaji secara mendalam cara-cara, pemikiran-pemikiran
dan sebab-sebab penyebarannya ataupun kegagalannya. Beliau mengkaji
partai-partai itu karena kesadaran beliau akan wajib adanya kelompok islami
yang beraktivitas mewujudkan kembali Khilafah. Setelah penghancuran Khilafah
melalui tangan seorang penjahat Mustafa Kamal (Attaturk) kaum Muslim belum
mampu mewujudkan kembali Khilafah meski ada banyak organisasi islami yang
berjuang pada waktu itu.
Ketika
muncul negara Israel pada Mei 1948 di tanah Palestina, dan tampak kelemahan
Arab di hadapan kelompok-kelompok kecil orang Yahudi anak asuh mandatori
Inggris di Yordania, Mesir dan Irak; semua itu mempengaruhi/merangsang
penginderaan Syaikh Taqiyuddin. Lalu Syaikh mulai mengkaji sebab-sebab hakiki
yang dapat membangkitkan kaum Muslim. Beliau menuliskan hal itu di dua risalah
yaitu Risâlah
al-’Arab (Misi Arab) dan Inqâdz
Filishthîn (Membebaskan Palestina); keduanya beliau keluarkan pada
tahun 1950 M.
Pada saat beliau
beralih beraktivitas di bidang peradilan, beliau mulai menjalin kontak dengan para
ulama yang beliau kenal dan beliau jumpai saat bersama-sama di Mesir. Beliau
mengajukan kepada mereka ide pendirian partai politik yang berlandaskan Islam
untuk membangkitkan kaum Muslim dan mengembalikan kemuliaan dan keagungan
mereka. Dalam upaya mengajukan ide tersebut, beliau berpindah-pindah di antara
kota-kota di Palestina. Beliau mengajukan satu perkara yang telah mencapai
kematangan dalam pemikiran beliau kepada pribadi-pribadi yang menonjol di
antara para ulama dan pioner pemikiran. Untuk itu, beliau menyelenggarakan
berbagai forum. Beliau mengumpulkan para ulama dari berbagai kota di seluruh
penjuru Palestina. Pada forum-forum itu beliau berdiskusi dengan para ulama
tentang metode kebangkitan yang sahih. Beliau banyak berdiskusi dengan para aktivis
berbagai kelompok dan partai-partai politik, partai-partai nasionalis dan
patriotis. Beliau menjelaskan kepada mereka kesalahan jalan mereka dan
kemandulan aktivitas mereka. Beliau juga memaparkan banyak masalah politik
dalam ceramah-ceramah beliau dalam berbagai acara keagamaan di Masjid al-Aqsha,
Masjid Ibrahim al-Khalil dan masjid-masjid lainnya. Dalam ceramah-ceramah itu,
beliau menyerang sistem-sistem di Arab dengan mengatakan bahwa sistem-sistem
itu adalah buatan para penjajah Barat dan sarana mereka untuk melanggengkan
cengkeraman mereka terhadap negeri-negeri kaum Muslim. Di samping itu, beliau
juga membongkar rencana-rencana politik negara-negara Barat. Beliau mengekspos
niat busuk Barat untuk menentang Islam dan kaum Muslim. Beliau memahamkan kaum
Muslim akan kewajiban mereka dan menyeru mereka untuk berpartai berlandaskan
Islam.
Syaikh Taqiyuddin pernah maju dan mencalonkan diri
untuk menjadi anggota parlemen. Karena sikap beliau yang lurus, kegiatan
politis dan aktivitas beliau yang penuh kesungguhan untuk mendirikan partai
politik yang berideologi Islam, karena sikap beliau yang berpegang secara kuat
pada Islam, serta karena intervensi negara terhadap hasil Pemilu, maka hasil
Pemilu tidak berpihak pada kemenangan beliau.
Kegiatan
politik Syaikh Taqiyuddin tidak berhenti. Tekad beliau juga tidak padam. Beliau
terus menjalin kontak dan berdiskusi sampai beliau mampu meyakinkan sejumlah
orang —para ulama, qadhi terkemuka, serta mereka yang memiliki politik dan
pemikiran yang menonjol— tentang pendirian partai politik berasaskan Islam.
Lalu beliau mulai mengajukan kepada mereka kerangka kepartaian dan
pemikiran-pemikiran yang mungkin dijadikan bekal tsaqâfiyah bagi partai itu.
Pemikiran-pemikiran beliau itu mendapatkan ridha dan penerimaan dari para ulama
tersebut. Puncak aktivitas politik beliau adalah dengan mendirikan Hizbut
Tahrir.
Syaikh
mulai beraktivitas untuk membentuk partai di kota al-Quds. Pada saat itu beliau
bekerja di Mahkamah al-Istinaf asy-Syar‘iyah (Mahkamah Banding Syariah)
di kota tersebut. Beliau menjalin kontak dengan beberapa tokoh di sana, di
antaranya Syaikh Ahmad ad-Daur dari Qalqiliyah, Nimr al-Mishri dari al-Lad,
Dawud Hamdan dari Ramalah, Syaikh Abdul Qadim Zallum dari kota al-Khalil, Dr.
‘Adil an-Nablusi, Ghanim Abduh, Munir Syaqir, Syaikh As’ad Bayoudh at-Tamimi,
dan lain-lain.
Pada
awalnya, pertemuan di antara para pendiri Hizbut Tahrir itu berlangsung secara
acak dan tidak teratur. Mayoritasnya dilakukan di al-Quds atau di al-Khalil.
Pertemuan itu dilakukan untuk saling bertukar pendapat dan untuk menarik
orang-orang baru. Diskusi yang berlangsung terfokus pada masalah-masalah
keislaman yang mempengaruhi kebangkitan umat. Kondisi ini terus berlangsung
seperti itu hingga akhir tahun 1952 M.
Pada
tanggal 17 November 1952 M, lima orang anggota pendiri Hizb menyampaikan
permintaan resmi kepada Kementerian Dalam Negeri Yordania dengan maksud untuk
mendapatkan izin pendirian partai politik. Kelima orang itu adalah:
1.
Taqiyuddin an-Nabhani, Pemimpin Partai.
2.
Dawud Hamdan, Wakil Ketua merangkap Sekretaris Partai.
3.
Ghanim Abduh, Bendahara Partai.
4.
Dr. Adil an-Nablusi, anggota.
5.
Munir Syaqir, anggota.
Kemudian
Hizb melengkapi syarat-syarat perundang-undangan yang dituntut oleh
Undang-Undang Jam’iyah Utsmani. Hizb berpusat di al-Quds. Hizb mulai
menyampaikan informasi dan pemberitahuan sesuai dengan undang-undang. Hizb
menyampaikan penjelasan pendirian partainya kepada pemerintah dan melampirkan
Anggaran Dasar Partai. Hizb juga menyiarkan status pendiriannya di Koran Ash-Sharîh
no. 176, tanggal 14 Maret 1952 M. Dengan semua itu, Hizbut Tahrir telah menjadi
partai resmi menurut undang-undang terhitung sejak hari Sabtu 28 Jumada
ats-Tsaniyah 1372 H, bertepatan tanggal 14 Maret 1953 M. Sejak saat itu Hizb
memiliki wewenang untuk langsung melaksanakan kegiatan kepartaiannya dan berhak
melaksanakan semua aktivitas kepartaian yang dinyatakan di dalam angaran
dasarnya. Hal itu sesuai dengan Undang-undang Jam‘iyah Utsmani yang masih
berlaku saat itu.
Namun,
pemerintah memanggil lima orang pendiri Hizb dan menangkap empat orang dari
mereka. Kemudian pemerintah mengeluarkan penjelasan bertanggal 7 Rajab 1372 H –
22 Maret 1953 M yang menganggap Hizbut Tahrir adalah tidak legal dan melarang
para aktivis Hizb untuk melakukan kegiatan kepartaian apapun. Pada tanggal 1
April 1953 M, penguasa memerintahkan pencopotan papan nama Hizbut Tahrir yang
digantungkan di kantor Hizb di al-Quds, kemudian pemerintah benar-benar
menanggalkannya.
Hanya
saja, Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani tidak memperhitungkan larangan itu sama
sekali. Beliau terus melangkahkan kaki dalam mengemban misi yang untuk itu
Hizbut Tahrir didirikan. Ketika Dawud Hamdan dan Nimr al-Mishri keluar dari
kepemimpinan (Qiyadah) Hizb pada tahun 1956 M, posisinya digantikan oleh
Syaikh Abdul Qadim Zalum dan Syaikh Ahmad ad-Daur. Akhirnya, kepemimpinan Hizb
terdiri dari para ulama besar itu di bawah kepemimpinan Al-’Allamah Syaikh Taqiyuddin
an-Nabhani. Qiyadah Hizb itu telah melaksanakan tugas-tugas dakwah dengan
sebaik-baiknya. Semua itu berkat karunia dan keridhaan dari Allah SWT.
Dari
wilayah al-Aqsha, Hizbut Tahrir mulai melakukan pembinaan umum (tatsqîf jamâ‘i)
untuk melanjutkan kembali kehidupan Islam. Hizb memperlihatkan kegiatan yang
luas sehingga memaksa penguasa mengambil langkah-langkah yang kuat untuk
melarang (menghalangi) Hizb membentuk dirinya dan memperkuat organisasinya.
Syaikh an-Nabhani terpaksa harus meninggalkan al-Quds pada akhir tahun 1953
secara suka rela. Namun, Beliau dilarang kembali lagi (ke al-Quds).
Pada
bulan November 1953 M, Syaikh an-Nabhani terpaksa melakukan perjalanan ke
Damaskus. Beliau tinggal di sana hanya sebentar. Pemerintah Suriah menangkap
beliau dan mendeportasi beliau di perbatasan Suriah-Lebanon. Namun, pemerintah
Lebanon juga melarang beliau untuk memasuki tanah Lebanon. Beliau lalu meminta
kepada pejabat kantor kepolisian Lebanon di Wadi al-Harir agar mengizinkan
beliau melakukan kontak dengan seseorang di Lebanon yang beliau kenal. Lalu
pejabat keamanan Lebanon itu mengizinkan Syaikh an-Nabhani melakukan kontak
dengan sejawat beliau. Syaikh an-Nabhani meminta sejawat beliau itu agar
menghubungi Mufti Syaikh Hasan al-’Alaya, mufti Lebanon. Ketika berita itu
sampai kepada Syaikh al-’Alaya, maka beliau segera pergi kepada pejabat Lebanon
dan memerintahkannya untuk langsung memasukkan Syaikh an-Nabhani ke tanah
Lebanon. Jika tidak, Syaikh al-’Alaya akan menyebarkan berita itu di seluruh
penjuru negeri yang mengklaim demokratis tetapi melarang seorang ulama agama
Islam untuk menginjakkan kedua kakinya di tanah Lebanon. Tidak ada pilihan bagi
penguasa Lebanon kecuali tunduk dan menerima perintah mufti Lebanon tersebut.
Sejak
Syaikh Taqiyuddin berada di Lebanon, beliau mulai menyebarkan
pemikiran-pemikiran beliau di sana. Beliau terus melakukan hal itu tanpa
gangguan hingga kira-kira tahun 1958 ketika penguasa Lebanon mulai menekan
beliau setelah mereka menyadari bahaya pemikiran-pemikiran beliau terhadap
mereka. Akibatnya, Syaikh terpaksa berpindah dari Beirut ke Tripoli/Tarablus
(Lebanon) secara sembunyi-sembunyi. Salah seorang yang dekat dengan beliau dan
dapat dipercaya mengatakan, “Syaikh menghabiskan sebagian besar waktu beliau
untuk membaca dan menulis. Radio sering berada di hadapan beliau dan beliau
mendengarkan berita-berita dunia agar beliau bisa menuliskan leaflet-leaflet
politik yang kuat. Syaikh adalah seorang yang takwa dalam seluruh maknanya,
lembut dalam pandangan dan lisannya. Saya belum pernah mendengar satu hari pun
beliau mencaci, mencela atau melecehkan seorang pun dari kaum Muslim; khususnya
pengemban dakwah Islam meski mereka berbeda ijtihad (pendapat) dengan beliau.”
Aktivitas
thalab an-nushrah
(penggalangan dukungan) Syaikh yang pertama adalah di Irak dan beliau sangat
menaruh perhatian terhadapnya. Syaikh melakukan perjalanan ke Irak beberapa
kali untuk tujuan tersebut. Bersama Syaikh Abdul Qadim Zallum (Abu Yusuf) yang
saat itu ditugaskan di sana, Syaikh Taqiyuddin melakukan beberapa kontak
penting, di antaranya kontak dengan almarhum Abdus Salam Arif dan yang lain.
Perjalanan beliau yang lain adalah perjalanan beliau sebelum beliau wafat. Saat
itu beliau ditangkap di Irak. Beliau banyak disiksa di sana, namun berbagai
siksaan yang ditimpakan interogator itu tidak mendapatkan hasil. Semua yang
Syaikh katakan adalah perkataan mengenalkan dirinya sendiri: “seorang syaikh
yang sedang mencari solusi”. Lalu mereka merasa iba kepada Syaikh. Kemudian
mereka mendeportasi beliau melalui perbatasan Suriah dalam keadaan tangan
beliau lumpuh. Beliau sangat lemah akibat keras dan jahatnya siksaan yang
dilakukan para thâghût
itu kepada beliau. Pendeportasian beliau melalui perbatasan Suriah itu terjadi
sebelum intelijen Yordania mendatangi pihak keamanan Irak dan mengatakan kepada
mereka, “Orang yang kalian tangkap adalah Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani yang
sedang kalian cari-cari.” Akan tetapi, kesempatan itu telah hilang. Segenap
pujian hanya milik Allah.
Syaikh
Taqiyuddin an-Nabhani telah mendirikan Hizbut Tahrir di atas kaki-kaki yang
kokoh. Jarak ke arah tercapainya tujuan tinggal sejauh dua anak panah atau
lebih dekat. Akan tetapi, bagi setiap sesuatu telah ditentukan batas waktunya
(ajalnya).
Pada awal Muharram 1398
H, pada saat fajar hari Ahad bertepatan dengan tanggal 11 Desember 1977 M, umat
Islam seluruhnya telah kehilangan seorang ulama di antara ulama mereka yang
paling menonjol. Ia bagaikan samudera ilmu; orang yang paling terkenal di
antara para fukaha pada masanya, seorang mujadid (pembaharu) pemikiran
Islam abad XX, seorang fakih, mujtahid. Ia adalah al-Alim al-Allamah Syaikh
Taqiyuddin an-Nabhani, amir Hizbut Tahrir, sekaligus pendirinya. Jenazah beliau
dimakamkan di pemakaman al-Awza’i di Beirut. Allah mewafatkan beliau, sementara
beliau belum mencicipi buah aktivitas beliau —yang untuk itulah beliau
mencurahkan seluruh umurnya— yaitu berdirinya Daulah Khilafah Rasyidah yang
berjalan berdasarkan metode kenabian. Beliau meninggalkan amanah bagi pengganti
sekaligus rekan seperjuangan beliau, yaitu Al-’Alim al-Kabîr Syaikh
Abdul Qadim Yusuf Zallum. Beliau pun tidak menyaksikan tujuan yang telah beliau
perjuangkan dengan segenap daya untuk merealisasikannya. Namun, seluruh
kesungguhan upaya beliau telah membuahkan hasil: jutaan orang telah bergabung
di dalam Hizbut Tahrir dan mengemban pemikiran-pemikirannya, di samping adanya
jutaan lainnya yang mendukung Hizb. Para aktivis Hizb telah tersebar di seluruh
penjuru dunia dan di banyak penjara para penguasa kufur, para thâghût,
dan para penguasa zalim.[]
0 komentar:
Posting Komentar