uzan

uzan

Teamwork can achieve wonderful things

Dalam hal apa pun, manusia dituntut untuk dapat bersosialisasi dan tolong menolong terhadap manusia lainnya, sebab manusia merupakan makhluk sosial. Dan dalam konteks sosialisasi itu, manusia harus mampu bekerja sama dengan yang lain dalam pekerjaan apa pun selama itu menuju kebaikan, bukan menuju keburukan. 

Dalam islam, Allah telah memerintahkan hamba-Nya untuk saling menolong dan bekerja sama dalam kebaikan, dalam menegakkan agama Allah. Perintah tersebut terkandung dalam potongan QS. Al-Maidah ayat 2, yang artinya “ .... Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa dan janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaan-Nya.”

Dalam ayat tersebut, bukankah sudah jelas jika kita dituntut untuk bekerja sama dalam kebaikan oleh Allah SWT? Lantas masih pantaskah kita bersombong diri terhadap kemampuan yang kita miliki dan enggan untuk bekerja sama dengan orang lain? Padahal, Allah dengan jelas memerintahkan kita untuk selalu tolong menolong dan bekerja sama dengan siapa pun, dalam hal apa pun. Baik dalam hal pekerjaan, bermasyarakat ataupun berumah tangga. Sebab, kerja sama akan memudahkan segalanya. Membuat pekerjaan lebih ringan dan cepat selesai. Membuat apa yang kita lakukan dapat mencapai hasil yang maksimal dan memuaskan. Serta kita dapat menjaga silaturahmi dengan adanya kerja sama tersebut. 

Hal itu diperkuat dengan hadis yang berbunyi : “Dari Abu Musa Al Asy’ari re. Dari Nabi Muhammad SAW bersabda : ‘orang mukmin itu bagi mukmin lainnya seperti bangunan, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain. Kemudian Nabi Muhammad SAW menggabungkan jari-jari tangannya. Ketika itu Nabi Muhammad duduk, tiba-tiba datang seorang laki-laki meminta bantuan. Nabi hadapkan wajahnya kepada kami dan bersabda : Tolonglah dia, maka kamu akan mendapat pahala. Dan Allah menetapkan lewat lisan Nabi-Nya apa yang dikehendaki.” Imam Bukhari, Muslim, dan An Nasa’i.
Tak hanya dalam islam yang mengajarkan untuk menjaga kerja sama terhadap orang lain. Melainkan orang-orang barat pun mengedepankan namanya kerja sama atau teamwork ini. Seperti pada quotes di bawah ini : 

“Unity is strength … when there is teamwork and collaboration, wonderful things can be achieved.” Mattie J.T. Stepanek

Quotes tersebut menjelaskan jika kerja sama atau teamwork dapat menghasilkan sesuatu yang jauh lebih lebih baik dan besar dibanding sendiri. Sebab, dengan teamwork, apa pun dapat dilakukan, sekalipun itu sesuatu yang menurut diri kita adalah hal yang mustahil untuk dilakukan. Karena, dengan teamwork, akan ada banyak tangan-tangan yang bekerja, sementara jika sendiri, hanya dua tangan yang akan melakukannya. 

Tintasifa/Dyah
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Fauzan MIftakhudin © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top